Sosialisasi Pengawasan Pemilihan Pilkada Sambas Utamakan Pencegahan

Yuk Bagikan!

Ketua Bawaslu Sambas, Ikhlas ST saat menyampaikan sambutan dalam agenda sosialisasi pengawasan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sambas tahun 2020. Selasa (13/10/2020) di hotel Pantura Sambas

SAMBAS-Bawaslu Kabupaten Sambas melaksanakan Sosialisasi Pengawasan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sambas tahun 2020.

Sosialisasi ini diharapkan masyarakat dapat juga mengawasi pelaksanaan pilkada sambas tahun 2020. Selasa (13/10/2020) di Hotel Pantura Jaya Sambas 

Ketua Bawaslu Kabupaten Sambas, Ikhlas ST mengatakan kegiatan sosialisasi pengawas yang dilaksanakan hari ini, Selasa (13/10/2020) merupakan yang pertama kali selama pendemi Covid-19.

“Kita yang berperan dalam pengawasan akan mengutamakan pencegahan terkait sengketa-sengketa dalam tahapan pilkada Sambas, maka kita berharap adanya berkontribusi seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta dalam melakukan pengawasan partisipatif,” katanya.

Bawaslu dikatakan Iklhas juga melakukan pengawasan terhadap netralitas Aparat Sipil Negara (ASN) selain memastikan tahapan-tahapan yang dilakukan penyelengara agar semua tahapan tepat waktu.

“Untuk sekarang ada juga dua ASN yang dilaporkan salah satunya merupakan temuan dari Bawaslu, untuk itu jika ada yang menemukan adanya pelanggaran pemilu dipersilakan untuk melaporkan ke Bawaslu kabupaten Sambas, dikarenakan pada tahapan kampanye ini sangat riskan atas netralitas ASN,” katanya.

Ikhlas mengungkapkan pelaksanaan kampanye pada Pilkada kali ini tidak seperti pemilu seperti biasanya dikarenakan sekarang masih pada Pendemi Covid-19 sehingga aturan kampanye meski memantuhi protokoler Kesehatan.

“Pelaksanaan kampanye berdasarkan aturan KPU maksimal dihadiri oleh 50 orang dan harus mematuhi protokol Kesehatan, tentu jika Paslon melakuan pelanggaran dan terbukti maka akan diberikan sangsi atau hukuman,” Pungkasnya. (Ry)


Yuk Bagikan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *