Juara Souvenir Tanjak, Rudi Harap Ada Atensi Pemda

Yuk Bagikan!

Rudi Ariyanto, Pengrajin Tanjak Yang Juarai Lomba Souvenir Khas Kalbar

PojokKata.com- Pengrajin Tanjak asal Sambas yaitu Rudi Ariyanto atau yang lebih dikenal Abah Tanjak Melayu, dan Kerniadi Setiawan atau Tanjak Puak Melayu, telah berhasil mengharumkan Kabupaten Sambas dengan menjuarai lomba Souvenir Khas Kalimantan Barat (Kalbar) yang digelar oleh, Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (DISPORAPAR) Provinsi Kalimantan Barat.

Diikuti oleh peserta perwakilan dari berbagai daerah yang ada di Kalbar, dengan bermodalkan keyakinan dan tekat, Rudi dan Kerniadi berhasil meraih juara ke-3 dalam ajang perlombaan tersebut. 

“Alhamdulillah kita berhasil mendapatkan juara ke-3 dalam lomba souvenir khas kalbar tersebut yang digelar oleh DISPORAPAR provinsi,” tutur Rudi saat dihubungi melalui telepon, Sabtu (31/10).

Rudi yang merupakan satu dari sekian banyak pengrajin kesenian daerah di sambas, khususnya Tanjak, berharap adanya perhatian dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas.

“Mudah-mudahan kami sebagai pelaku usaha kecil ini, yang penuh perjuangan mempertahankan dan melestarikan budaya sambas tolong untuk diperhatikan,” ungkapnya.

Berawal dari melihat pengumuman lomba di sosial media, dengan modal sendiri, Rudi dan Kerniadi akhirnya mendaftar dan mengirimkan hasil karyanya untuk dikirim ke DISPORAPAR Provinsi Kalbar.

“Kami mengetahui adanya lomba ini melalui facebook, kemudian mendaftar dan mengirim karya kami berupa tanjak,” pungkasnya.

Rudi yang merupakan warga Desa Lumbang, Dusun Nengen, Rt 12/Rw 06 dan membuka usaha kerajinan sendiri dirumahnya berharap agar Pemerintah Daerah konsen melestarikan berbagai kesenian dan budaya yang ada di Sambas, supaya kekayaan sambas tersebut tidak hilang di telan zaman.

“Untuk pemerintah, budaya kita tolong juga untuk dilestarikan dan dipertahankan, karena itu semua juga untuk anak cucu kita nanti, agar mereka tahu betapa kayanya sambas ini,” jelas Rudi.


Yuk Bagikan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *