Calon Bupati Sambas dan Darah Kekuasaan

Yuk Bagikan!

Hamdi, S.P, M.P, Ketua Pengurus Benteng Mu’min Cabang Sambas


PojokKata.comMasa kampanye di Kabupaten Sambas telah dan masih berlangsung sampai 3 pekan ke depan. Sebagai masyarakat yang tinggal di wilayah Sambas dan juga sebagian masyarakat yang memiliki darah keturunan Sambas -tapi bermukim di luar Kab.Sambas- berharap perhelatan pemilihan kepala daerah serentak kali ini berproses secara sehat dan menghasilkan bupati terpilih terbaik. 

Cabup-cawabup pilbup 2020 ini diikuti oleh politisi maupun yang berhubungan darah dengan politisi Sambas. Bahkan berhubungan darah dengan bupati/wakil bupati, atau mantan bupati/wakil bupati yang lalu. Mari kita lihat hubungan darah cabup-cawabup dengan kekuasaan masa lalu.

Pasangan no.urut 1. H.Heroaldi-Hj.Rubaeti.

Cabup ini adalah saudara kandung dr bupati Hj.Juliarti yang juga sebelumnya adalah wakil bupati dari H. Burhanuddin A.Rasyid. Pasangan ini juga didukung partai yang dinakhodai oleh Sang Kakak (PKB, yang sedang menjabat Anggota DPRD Prop Kalbar) di tingkat kabupaten. Cawabup pasangan ini adalah istri dari sang mantan wakil bupati Sambas (yang sekarang masih menjabat Anggota DPRD Prop Kalbar) yang diusung pula oleh partai yang sama dengan suaminya, Partai Golkar. Bahkan sang suami yang mantan wabup dari Ir. H. Burhanudin AR. ini (H. Prabasa A.) pernah menjadi rival di perhelatan cabup/cawabup 2011 yang telah dimenangkan dr.Hj. Juliarti.

Pasangan no.urut 2: H. Satono-Rofi

Secara kepartaian, cabup ini sebelumnya bukanlah dari partai manapun. Akan tetapi sangat dikenal oleh birokrat Sambas sebagai ASN yang sangat dekat dengan Bupati Hj. Juliarti saat menjabat. Mungkin kedekatan ini ikut menyiramkan semangat kekuasaan dan/atau kepemimpinan kepada cabup ini untuk ikut perhelatan politik, selain faktor-faktor lainnya. Cawabup no.2 ini banyak yang sudah tahu, merupakan anak kandung mantan bupati Sambas 2 periode (Ir. H. Burhanudin AR). Beliau juga ASN yang mengundurkan diri sebagaimana cabupnya demi pencalonannya di pilkada 2020. Darah sang ayah jelas mengalir dari penguasa 2 periode (1× dipilih DPRD, 1× dipilih langsung untuk pertama kalinya di Kab. Sambas, yang menang telak dari lawannya). Pasangan ini diusung partai pemenang pemilu di Sambas Gerindra bersama PAN.

Pasangan no.urut 3: Dr. H.Hilman-Darso

Cabup ini merupakan akademisi yang berprestasi telah memimpin universitas swasta ternama di Kalbar. Diusung dari Partai Nasional Demokrat. Kemampuan memimpin dan melobi ini mngkin yg membuatnya memimpin perhelatan pilbup ini di pasangannya. Darso yang sudah sering menjadi Anggota DPRD Kab. Sambas bahkan menjadi ketua PDIP Kab. Sambas dipercaya mendampingi Hilman sebagai cawabup. Padahal beliau sebelumnya telah terpilih menjadi Anggota DPRD Prop Kalbar Dapil Sambas.

Pasangan no.urut 4: H. Atbah-Hj. Hairiah

Pasangan ini adalah penguasa incumbent (bupati-wakil bupati; petahana). Sedang mengambil cuti kampanye. Partai pengusung pasangan ini terbilang paling banyak: PKS, PPP, Hanura, Demokrat. Pasangan ini juga masih menjadi Ketua partai. H. Atbah ketua PKS, dan Hj. Hairiah yang juga kader PPP.

Keempat pasang cabup-cawabup, semoga dikenal -minimal sekilas- sampai program-program dan komitmennya. Membawa terobosan positif di atas rata-rata. Mudah2an membawa Sambas menjadi lebih baik lagi di masa mendatang. Selamat bertanding secara sportif.


Yuk Bagikan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *