Pjs Bupati Sambas Tinjau Tanah Longsor di Pemangkat

Yuk Bagikan!

Pjs Bupati Sambas bersama Tim Terjun Langsung Tinjau Kondisi Bencana Alam Tanah Longsor


PojokKata.com
– Penjabat sementara (Pjs)  Bupati Sambas, Dr. Syarif Kamaruzaman, M.Si melakukan peninjauan dan pengecekan di lokasi bencana alam tanah longsor di Desa Gugah Sejahtera Kecamatan Pemangkat Kab. Sambas, Pada hari Rabu tanggal 18 November 2010 sekira pukul 20.30 Wib s.d. 21.20 Wib

Dalam tinjauan tersebut turut hadir Danramil 1205/08 Pemangkat, Kapten Inf. Karyadi, Kapolsek Pemangkat, Akp Raden Real Mahendra, SH., S.I.K, Danki 645 GTY Pemangkat, Lettu Inf. Ikhwan H.P, Kepala pelaksana BPBD Kab. Sambas, Sdr. Yudi

Pjs. Bupati Sambas beserta Forkopimcam Pemangkat mengecek rumah salah satu korban bencana alam longsor, Sdr. Ardisno di Jalan Sejahtera dusun pagong Rt. 001 Rw. 005 Desa Gugah Sejahtera Kec. Pemangkat Kab. Sambas. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa Bencana alam tanah longsor tersebut

Dalam pengecekan tersebut mendapat hasil,

Terdapat korban dengan identitas Nama: Ardisno, lakis, wiraswasta, islam, 44 tahun, alamat Jalan Sejahtera dusun pagong Rt. 001 Rw. 005 Desa Gugah Sejahtera Kec. Pemangkat Kab. Sambas. 

Akibat dari kejadian bencana alam tersebut sdr. Ardisno mengalami dinding rumah bagian belakang jebol akibat tanah longsor, mengalami luka di bagian tangan sebelah kanan akibat terkena serpihan kaca,  luka lecet di bagian dada akibat tertimpa dinding rumah.

Kemudian dilanjutkan mengecek Tanggul penampuang air dalam kondisi baik tidak terjadi kerusakan, setelah itu menuju RSUD Pemangkat. Debit air yang turun akibat curah hujan menimbulkan dampak genangan air di sebagian besar wilayah Desa Gugah Sejahtera tidak terkecuali RSUD Pemangkat.

Debit air yang turun dari Gunung Gajah Pemangkat akibat curah hujan yang sangat tinggi berpotensi menyebabkan terjadinya bencana alam banjir dan tanah longsor sehingga menyebabkan Masyarakat yang bermukim di bawah kaki Gunung Gajah sangat berpotensi terkena dampak tersebut. 

Kurangnya memadainya saluran air / drainase dengan saluran air ( Got ) yang kecil di lingkungan RSUD Pemangkat sehingga menyebabkan aliran air yang turun dari Gunung Gajah Pemangkat menjadi penghambat aliran air yang datang, sehingga menyebabkan terjadinya genangan air di lingkungan RSUD Pemangkat.

Berita yang beredar di Media sosial ( Facebook, Instagram, WA ) yang menyatakan bahwa tanggul penampung air jebol / rusak itu tidaklah benar ( HOAX ) Karena setelah dilakukan pengecekan tanggul penampung air tersebut dalam keadaan baik / tidak rusak.

Kegiatan peninjauan oleh Pjs. Bupati Sambas di lokasi bencana alam tanah longsor di Desa Gugah Sejahtera Kecamatan Pemangkat Kab. Sambas berjalan dengan aman dan lancar. (Sbr)


Yuk Bagikan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *