Bangkit dan Berdaya Melalui Membaca

Yuk Bagikan!

Silaturahmi Komunitas Penggiat Literasi

PojokKata.com – Roadshow Komunitas Penggiat Literasi Madani Diujung Negeri sebagai wujud terealisasinya budaya gemar membaca di wilayah perbatasan, daerah tertinggal dan kawasan transmigrasi. 

Budaya gemar membaca di kalangan masyarakat harus terus digalakkan dan dikampanyekan, agar masyarakat yang jauh dari jangkauan sarana pendidikan, apalagi yang kurang beruntung mengenyam pendidikan bisa bangkit dan berdaya melalui kegiatan literasi membaca. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, Komunitas Penggiat Literasi Madani terus bergerak dari desa ke desa mengkampanyekan budaya membaca kepada masyarakat.

“Kita bergerak perlahan namun pasti dari desa satu kedesa yang lain di Kabupaten Sambas, harapannya literasi membaca dapat mewujudkan perubahan menuju kesejahteraan,” ungkap Sugiyanto, satu dari penggiat literasi madani.

Adapun Komunitas Penggiat Literasi Madani di prakarsai oleh Sugiyanto, Jumadi Asri, Bripka Muthador Ammad Lyas dan Muhammad Syamsudin Bahri.

Bertempat di Desa Ratu Sepudak Kecamatan Galing, Rabu (2/11) Komunitas Penggiat Literasi, bersilaturahmi bersama masyarakat dalam rangka launching pojok baca.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa beserta jajarannya, Ibu-Ibu PKK, Bhabinsa, Ketua Gapoktan, Ketua Kelompok Tani dan Kelompok-Kelompok Usaha Lainnya.

“Dalam rangka mewujudkan literasi untuk kesejahteraan dengan mendorong berbagai sumber daya yang ada didesa agar lebih bergeliat, bangkit dan berdaya menuju masyarakat yang sejahtera,” tutur Sugiyanto.

Setelah berkunjung ke Desa Ratu Sepudak Kecamatan Galing, Penggiat Literasi Madani mengunjungi PLBN Aruk, dengan harapan kedepannya bisa mendirikan pojok baca di kawasan perbatasan.

“Kegiatan berlanjut di  Rest Area Perbatasan, Kecamatan Sajingan Besar bertemu dengan kapolsek dan bhabinkamtibmas untuk bersama-sama kedepannya membuat pojok baca di rest area perbatasan Aruk, dengan harapan bisa menjadi sarana informasi publik yang edukatif bagi para pengunjung di rest area perbatasan,” bebernya.

Setelah berkunjung ke PLBN Aruk, Komunitas Penggiat Literasi bertemu dengan pelaku UMKM dalam rangka mewujudkan ekonomi masyarakat transmigrasi yang bangkit dan berdaya melalui kegiatan membaca.

“Kegiatan berlanjut di Trans Sebunga bertemu dengan ibu-ibu pelaku UMKM, salam literasi, literasi untuk perubahan, literasi untuk kesejahteraan, ayo membaca,” tutup Sugiyanto. (Bhr)


Yuk Bagikan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *