Pemkab Sambas Kembali Diguyur Penghargaan Kategori Kabupaten Sangat Inovatif

Yuk Bagikan!

Bupati Sambas H. Atbah Romin Suhaili, Lc, MH saat Menerima Penganugerahan IGA dari Pemerintah Pusat

PojokKata.com – Penghargaan yang digagas Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Badan Litbang adalah kegiatan rutin setiap tahun dan pada tahun 2020 ini terhimpun sebanyak 14.897 inovasi yang disampaikan oleh 485 Pemerintah Daerah se-Indonesia, baik tingkat provinsi, kabupaten maupun kota.

Mendagri Muhammad Tito Karnavian mengatakan, IGA merupakan upaya untuk merangsang pemerintah daerah agar terus berinovasi dengan meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerahnya. Dengan begitu, daerah mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, kegiatan ini merupakan bagian dari kewajiban pemerintah untuk mengembangkan invensi dan inovasi. Pemerintah pusat dan daerah wajib menggunakan hasil invensi dan inovasi nasional dalam melakukan pembangunan. Ini seperti diatur dalam UU Nomor 11 Tahun 2019 tentang Sisnas Iptek, “ujarnya.

Bupati Sambas H.Atbah Romin Suhaili, LC,M.H mengatakan, dalam gelaran Innovative Government Award (IGA) tahun 2020, program kinerja Pemerintah Kabupaten Sambas mendapat apresiasi penuh dari Kementerian Dalam Negeri RI atas beberapa inovasi yang telah disampaikan ke tim penilai kemendagri, diantaranya kategori inovasi E-Pokir, Pelayanan Akta Lahir “Timang Salo’ Dapat Akta serta Perhatian Tumbuh Kembang Anak dipedesaan. 

Dalam kesempatan ini, Bupati Sambas juga menyampaikan terima kasih kepada Balitbang Kemendagri, dukungan stakeholder dan jajaran perangkat daerah Pemkab.Sambas atas pelbagai inovasi pelayanan publik selama ini, “ungkap H.Atbah Romin Suhaili, Lc,.M.H

Penghargaan IGA 2020 ini diterima langsung Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc,.M.H melalui Kepala Badan Litbang Kemendagri Ahmad Fatoni dan disaksikan Sekjen Kemendagri Muhammad Hudori di Jakarta, Jumat (18/12/2020). 

Penyerahan penghargaan dan piagam IGA 2020 dilakukan sesuai protokol kesehatan. Dikarenakan jumlah daerah yang mendapat apresiasi dari Kemendagri berjumlah ratusan mulai dari pemerintah provinsi, kabupaten hingga kota, seremonial dibagi menjadi empat sesi. 

Untuk Kabupaten Sambas mendapat penghargaan dengan Kategori Sangat inovatif. 

Pemerintah Kabupaten Sambas, berada diurutan nomor 8 untuk kategori pemerintah kabupaten pada sesi pertama. Selain Kab Sambas, di Kalbar hanya beberapa daerah yang dinilai Kemendagri layak menerima penghargaan IGA 2020. Yakni Kabupaten Sambas, Kuburaya, Sanggau, Kota singkawang dan Kabupaten Sekadau. (Gus)


Yuk Bagikan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *