Jalin Kerjasama, Pemda Manfaatkan Penelitian Poltesa Untuk Kemajuan Sambas

Yuk Bagikan!

 

Kunjungan Pemda ke Poltesa di Aula Rapat Direktorat Poltesa

Pojokkata.com – Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) terima kunjungan Sekretaris Daerah (Sekda) dan Pimpinan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Kabupaten Sambas, di Aula Rapat Direktorat Poltesa, Senin (21/12).

Kunjungan tersebut digelar dalam rangka Diskusi tentang Pemanfaatan Penelitian Poltesa untuk kemajuan masyarakat Kabupaten Sambas. 

Turut hadir dalam kegiatan ini Sekda Sambas, Pimpinan OPD Sambas, Direktur Poltesa beserta seluruh unsur Pimpinan Poltesa. 

Direktur Poltesa Mahyus, menyatakan bahwa pertemuan tersebut merupakan agenda yang sangat penting, karena antara Poltesa dan Pemda harus saling bekerjasama dan berkolaborasi.

“Ini merupakan agenda yang sangat penting, karena antara Poltesa dan Pemda, khususnya Pemda Sambas harus saling berkolaborasi untuk memajukan ekonomi masyarakat Sambas, dan kami berharap Pemda Sambas dapat memberikan dukungan pada Program Poltesa dan juga Program-program yang nantinya dirancang bersama dengan Pemda Sambas,” ujarnya. 

Direktur menjelaskan bahwa selama ini Poltesa telah banyak melakukan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Poltesa, mengatur langkah-langkah strategis dengan membentuk tim yang sesuai dengan keilmuannya masing-masing.

“Poltesa melalui tim di P3M menyusun langkah-langkah dengan melakukan pemetaan masalah dan merancang strategi untuk memecahkan masalah tersebut berdasarkan dengan keilmuan yang ada di Poltesa, dan melibatkan seluruh unsur masyarakat”, jelasnya. 

Sekda Sambas, Fery Madagaskar menyatakan bahwa Pemda harus bekerjasama dengan Poltesa, karena lebih dekat, lebih mudah, dan tentu lebih banyak yang akan di diskusikan, banyak masalah yang dapat dipecahkan bersama.

“kami berharap banyak hal yang dapat dikerjakan bersama Poltesa”, ujarnya. 

Lebih lanjut Sekda menjelaskan bahwa terdapat beberapa sektor penting yang dapat menjadi potensi sumberdaya Sambas, 

“Seperti sektor pertanian dan perkebunan, perikanan dan kelautan, sektor pariwisata, dan penataan UMKM yang dapat dikaji bersama dengan Poltesa,” jelasnya. 

Sekda juga menyampaikan harapannya kepada Poltesa, agar penelitian-penelitian Poltesa berdampak bagi kemajuan ekonomi masyarakat Sambas.

“Saya berharap penelitian-penelitian Poltesa dapat bermanfaat bagi ekonomi masyarakat Sambas, seperti di bidang Pertanian dan Perkebunan, bagaimana caranya dengan penelitian yang dilakukan Poltesa dapat menambah produksi hasil pertanian dan perkebunan masyarakat Sambas,” bebernya.

Serta di sektor perikanan dan kelautan, bagaimana caranya dengan kajian dan penelitian Poltesa di Sungai Sambas banyak ikan dan hasil produksi perikanan di Sambas meningkat.

“Selain itu di sektor pariwisata, bagaimana caranya dengan penelitian Poltesa, kunjungan wisata ke Sambas meningkat, dan destinasi-destinasi wisata di Sambas semakin baik, serta penataan dan pengembangan di dunia UMKM Sambas, bagaimana caranya dengan kajian dan penelitian Poltesa, UMKM Sambas semakin baik, para pedagangnya tertib, bersih, dan tertata rapi, kami berharap dengan kajian dan penelitian-penelitian di Poltesa dapat mewujudkan hal tersebut,” harap Sekda. 

Sehingga dapat memajukan perekonomian masyarakat Sambas,  para ilmuan inilah yang kita harapkan dapat mengkaji dan memikirkan jalan keluar terhadap masalah-masalah yang dihadapi masyarakat.

Sekda juga mengeluhkan bahwa produk-produk yang ada di Sambas kelihatannya tidak berkesinambungan, ia berharap dengan adanya kerjasama dengan Poltesa ini produk unggulan Sambas menjadi semakin dikenal, dan berkesinambungan.

“Saya berharap dengan adanya kerjasama antara Pemda dan Poltesa ini dapat membuat produk-produk unggulan Sambas semakin dikenal dan diketahui banyak orang, selain itu bagaimana caranya agar produk unggulan tersebut dapat menjadi produk yang berkesinambungan dan menjadi kebanggaan masyarakat Sambas”, harapnya. 

Sekda menyatakan akan menyusun program pengembangan kawasan jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

“Nanti kita akan bangun perkawasan, kita harus jelas mana yang akan kita kembangkan, baik itu jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang, untuk mewujudkan itu nanti Pemda dan Poltesa akan membuat tim kerjasama”, jelasnya. 

Dalam pertemuan tersebut Pemda Sambas dan Poltesa sepakat untuk melakukan kajian bersama dalam menggali segala potensi sumberdaya yang ada di Sambas, demi kemajuan perekonomian masyarakat Sambas. 

Sehingga kerjasama ini dapat segera terlaksana agar Pemda dan Poltesa dapat mengambil langkah bersama untuk memecahkan masalah yang ada di Sambas, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sambas. (Bhr)


Yuk Bagikan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *