Hindari Abrasi BPSPL Menaman Mangrove di Pantai Selakau

Yuk Bagikan!

Foto penanaman mangrove di Kecamatan Selakau

Pojokkata.com- Upaya pemulihan Kegiatan ini dalam rangka Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Program pemberdayaan Masyarakat daerah pesisir. 

Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Pontianak Kalimantan barat melaksanakan program penanaman mangrove di desa Sungai Nyirih dan Desa Sungai Rusa kecamatan selakau bekerjasama dengan kelompok pesisir Polaria. Selasa (15/12/2020)

Ketua kelompok pesisir Polaria Kecamatan Selakau, Kukuh mengatakan program penanaman mangrove dari BPSPL Pontianak Kalbar untuk mengurangi abrasi didaerah pesisir pantai kecamatan selakau yang semakin berkurang.

“Ada sekitar 90 ribu bibit mangrove jenis Rhizophora yang ditanam dan 27 ribu batang untuk penyemaian dimana panjang keseluruhan area yang di tanam kurang lebih 1292 meter dengan luar area sekirar 10 Ha,” katanya.

Program penanaman mangrove ini juga melibatkan masyarakat sekitar dalam hal pemberdayaan masyarakat pesisir baik pada saat penyemaian dan penanaman.

Sementara salah satu tokoh pemuda desa sungai nyirih kecamatan Selakau, Priharyo mengucapkan terima kasih atas adanya program penanamn mangrove di kecamatan selakau yang melibatkan masyarakat sekitar.

“Tentu dengan adanya program ini kita mengharapkan daerah pesisir pantai selakau bisa terhindar dari abrasi air laut dan dapat menjaga tempat ekosistem,” ungkapnya.

Priharyo yang juga karang taruna Pancasila desa sungai nyirih ini mengharapkan penanaman mangrove ini dilakukan secara berkala dimana jika terjadi kerusakan mangrove lagi untuk segera di tanam kembali agar ekosistem dan pantai tetap terjaga. (Sai)


Yuk Bagikan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *