Jirak Gelar Pesta Amping 2021

Yuk Bagikan!

Tamu undangan dan masyarakat menghadiri Pesta Amping 2021

Pojokkata.com – Desa Jirak Kecamatan Sajad Mengadakan Pesta Amping 2021 di Lapangan Bola Desa Jirak, Sabtu (26/02/21).

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengangkat kembali budaya yang telah ditelan zaman yaitu salah satunya kegiatan amping ini.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Camat Sajad, Jumli, S.IP, M.Si. Beliau mengatakan suatu kebudayaan merupakan milik bersama yang harus dilestarikan.

“Kearifan Lokal merupakan milik kita milik desa milik kita semua sehingga itu merupakan memang suatu kewajiban yang harus kita lestarikan”, ucapnya.

Ketua Panitia Pesta Amping 2021, Sahminan menuturkan kegiatan ini menggunakan Anggaran Dana Desa.

“Acara Pesta Amping ini kami menggunakan Anggaran Dana Desa kami mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak desa bisa menyisihkan dana tersebut hingga bisa dicairkan,” ujarnya.

Kegiatan ini di ikuti sebanyak 16 Rukun Tetangga (RT) dibuka dengan Festival arak-arakan Masyarakat Desa Jirak dengan menggunakan Pakaian Melayu dan membawa Peralatan Ngamping sendiri kemudian diisi dengan Tarian dari anak-anak Desa Jirak.

Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Sambas, Alfian mengatakan semoga kegiatan ini tidak hanya dilakukan di desa jirak tetapi dilakukan Sekabuten Sambas.

“APDESI Kabupaten Sambas tentunya akan memberikan dorongan memberikan semangat dan motivasi supaya kegiatan ini tidak hanya dilakukan di Desa Jirak tetapi Sekabupaten Sambas karna amping ini hampir punah,” tuturnya.

Antusias peserta ngamping di Desa Jirak

Kabid Kebudayaan Disdikbud Sambas, Uray Riza Pahmi dalam sambutannya mengungkapkan bahwa alangkah bagusnya jika setiap desa yang ada di Kabupaten Sambas menyisihkan dana APD nya untuk kegiatan Kebudayaan.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan adat dan tradisi yang dilaksanakan oleh masyarakat disetiap daerah alangkah bagusnya seluruh desa yang ada di Kabupaten Sambas Jika dapat 1 Desa kalau pun tidak 1 Kecamatan bersatu antar desa-desa nya menyisihkan dan APD nya untuk Kegiatan Kebudayaan” ungkapnya.

Kepada Desa Jirak, Ijmal H. Majil mengatakan tujuan dari diadakannya Pesta Amping ini untuk mengangkat Kembali Budaya Pesta Amping.

“Atas inisiatif Dewan Adat Desa Jirak maka kami mengadakan musyawarah untuk mengakat kembali buaya pesta amping tersebut yang mana budaya pesta amping adalah makanan khas orang melayu padi yang diolah, ditumbuk dan dijadikan Amping setiap panen raya yang diadakan oleh masyarakat dari pada panennya itu mereka selalu mengadakan pembuatan Amping, ” tuturnya

Ijmal menambahkan bahwa harapannya kepada Dinas Pertanian agar dapat Bekerja Sama untuk membina Masyarakat Jirak di bidang Pertanian Khususnya Padi.

“Akan kami kembangkan dan tidak akan pernah perputus karna tujuan kami tadi menjual hasil panen baik itu masalah pengelolaannya maupun padi yang mempunyai kualitas baik maka dari itu kami mengharapkan Dinas Pertanian untuk bekerja sama didalam membina masyarakat Jirak di bidang Pertanian khususnya padi,” jelasnya.

Kegiatan ditutup dengan Lomba Menumbuk Amping yang di ikuti oleh Perwakilan dari Setiap Rukun Tetangga (RT) yang ada di Desa Jirak dan dilakukan Penjurian. (Sdr)


Yuk Bagikan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *