Hearing DPRD, Warga Desa Semanga Tuntut Plasma dan CSR PT.ANI

Yuk Bagikan!

Rapat Hearing Warga Desa Semanga di Ruang Sidang DPRD Kab.Sambas.

Pojokkata.com,- Warga Desa Semanga Kecamatan Sejangkung laksanakan Hearing dengan Komisi 2 dan Komisi 1 DPRD Kabupaten Sambas di Ruang Sidang Utama DPRD Sambas, Senin (15/03/2021).

Hearing tersebut membahas pembagian plasma PT. Agro Nusa Investama (ANI) yang dianggap tidak transparan.

Hadir dalam Hearing ini dari pihak perusahaan PT Agro Nusa Investama (ANI), Asisten 1 Kabag Ekon, Dinas PMPTSP, bagian hukum Pemkab Sambas, Kades Semanga serta warga Desa Semanga yang masuk dalam CPCL 3 koperasi petani plasma.

Ahmad Hapsak Setiawan selaku Ketua Komisi 2 sekaligus pimpinan rapat menyatakan bahwa hearing lintas komisi ini untuk memfasilitasi aspirasi warga Desa Semanga terkait permasalahan pembagian plasma PT ANI yang tidak transparan.

“Kehadiran sebagian warga terutama dari kepesertaan CPCL menuntut pihak perusahaan dan Dinas terkait mau terbuka terkait dana peserta CPCL yg masuk di dalam 3 koperasi untuk petani plasma,” jelasnya.

“Tidak hanya itu, warga juga menuntut tentang penerapan CSR untuk Desa Semanga, hal ini dikarenakan dana CSR yg masuk ke Desa mereka sangat minim,” tambah Hapsak.

Masih menurut Hapsak, terkait penyaluran dana CSR, DPRD Sambas akan mengusulkan hal ini melalui perda CSR nantinya.

Dalam perda CSR akan diatur tanggung jawab sosial dan lingkungan serta komitmen perusahaan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perusahaan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya,” ucap Ketua PATRI Kab.Sambas ini.

Lanjut Hapsak, untuk kepesertaan CPCL yg masuk dalam koperasi plasma, Komisi 2 akan meminta data peserta CPCL kepada Dinas PMPTSP dan kalau sekiranya diperlukan Komisi 2 akan turun kelapangan terkait permasalahan plasma warga desa Semanga,” tutupnya. (Gu)


Yuk Bagikan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *