Makan Besaprah ala HIPMI Sambas

Yuk Bagikan!

Makan Besaprah HIPMI Sambas bersama rombongan BPD HIPMI Kalbar, HIPMI Singkawang, Bengkayang serta Bupati dan Wakil Bupati Sambas terpilih

Pojokkata.com – Gelaran Musyawarah Cabang (Muscab) ke III BPC HIPMI Sambas telah usai dilaksanakan, 27 Maret 2021 (kemarin) dan berhasil melakukan regenerasi kepemimpinan dengan terpilihnya Firman yang juga owner Dapur Kacak.

Sebelum memulai pelaksanaan Muscab yang bertempat di Aula Utama Bupati Sambas, panitia menghelat prosesi makan bersama yang dalam keseharian masyarakat Sambas disebut besaprah,” ucap Eko Setiawan

Masih menurut Eko, acara besaprah ini dipusatkan dikediaman H. Subhan Nur pengusaha senior sekaligus pembina HIPMI Sambas. Acara besaprah sengaja dipersiapkan panitia untuk memuliakan tamu dan undangan Muscab HIPMI Sambas, “katanya.

Di acara makan besaprah ini dihadiri rombongan BPD HIPMI Kalbar yang dipimpin langsung Denia Yuniarti Abdussamad, HIPMI Singkawang, Bengkayang dan turut hadir Bupati dan Wakil Bupati Sambas terpilih H. Satono dan Fahrur Rofi serta tamu undangan lainnya.

Masih menurut Eko, “Kami dari BPC HIPMI Sambas Periode 2018-2021 ingin meninggalkan legacy yang baik setelah dinyatakan demisioner dengan menghelat acara dibalut dengan tradisi adat budaya Sambas, baik saprahan maupun iringan tanjidor dalam memeriahkan acara Muscab, “jelas Owner Naufal Cafe ini.

Disamping memuliakan tamu dengan makan besaprah, tamu undangan juga diajak melihat museum galeri H. Subhan Nur yang memiliki banyak koleksi warisan budaya Kesultanan Sambas di masa silam, “terang Eko.

Dalam masyarakat Sambas, makan besaprah (makan bersama) merupakan tradisi masyarakat Melayu Sambas yang dilakukan secara berkelompok dengan duduk bersila di lantai mengelilingi lauk-pauk, dan makan dengan menggunakan tangan.

Tradisi makan besaprah memiliki makna duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi, yang artinya setiap orang memiliki kedudukan yang sama di hadapan Tuhan. Adapun tujuan makan besaprah adalah untuk mempererat silaturahmi dengan cara makan bersama dan saling berbagi. (Gus)


Yuk Bagikan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *