Diah: Sektor UMKM Sambas Harus Naik Kelas

Yuk Bagikan!

Foto bersama Diah M Owner Naufal Cafe dalam diskusi Podcast KIM Pojok Kata.

Pojokkata.com- Tak dapat dipungkiri bahwa penggerak utama roda perekonomian di tanah air adalah sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), karenanya pelaku usaha baik yang berhimpun di HIPMI, KADIN maupun asosiasi lainnya untuk mendorong agar UMKM yang merupakan sektor usaha produktif bisa naik kelas.

Hal tersebut diungkapkan Diah disela-sela acara sosialisasi Forum Informasi Pasar Atase Perdagangan Luar Negeri yang diadakan Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI yang berlangsung pada Rabu (7/4/2021) siang di Hotel Pantura Jaya Sambas.

Dia mengatakan, pengusaha UMKM Sambas harus naik kelas menjadi industri untuk menekan banjirnya produk impor, ”kata Diah Wabendum BPC HIPMI Sambas 2017-2020 ini.

“Sebagai pengusaha kita harus selalu berfikir positif dan optimis, disetiap permasalahan selalu ada solusi, selalu ada celah walaupun kondisi Pandemi covid-19 sangat menekan pelaku UMKM kita, “ungkapnya.

“Saya berharap kedepannya pemerintah daerah menjalin kemitraan dengan pengusaha lokal baik yang bernaung di HIPMI maupun KADIN Sambas. Dimasa Pandemi ini Pemda dituntut berimprovisasi untuk menyediakan akses pasar dan buyer untuk produk yang berorientasi ekspor, “pinta Diah Owner Naufal Cafe ini.

Masih menurutnya, BPC HIPMI Sambas sendiri sudah merinci permasalahan terkait kendala yang dihadapi pelaku usaha UMKM untuk merambah pasar ekspor, seperti perijinan, akses modal, bahan baku dan pendampingan.

Untuk komoditas ekspor kualitas menjadi penting, disinilah peran Pemda menjadi vital. Dukungan pemerintah daerah kata dia, merupakan faktor penting untuk mendongkrak UMKM di Kab.Sambas naik kelas dan menjadi pemain komoditas ekspor di negeri jiran Sarawak, Malaysia,”tutup Diah. (Gus)


Yuk Bagikan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *