Wapatara; Minta Pemda Tindak Perusahaan Perusak Lingkungan

Yuk Bagikan!

Pojokkata.com – Pencemaran sungai kembali terjadi. Kali ini, diduga tumpahan Crude Palm Oil (CPO) yang mencemari aliran sungai Sejangkung, Senin (19/4/2021).

Ketua LSM Wapatara, Andre Mahyudi mengatakan persoalan limbah kelapa sawit selalu terjadi di Kabupaten Sambas.

“Belum selesai masalah limbah sawit di Desa Semangga, sekarang terjadi lagi dugaan tumpahan CPO di sungai Sejangkung,” ungkapnya.

Untuk itu, disampaikan Andre pemerintah harus tegas terhadap pengawasan lingkungan di Kabupaten Sambas.

“Karena dampak dari pencemaran yang ditimbulkan oleh limbah akan menimbulkan macam-macam penyakit dan kerusakan ekologi terutama biota air,” tuturnya.

“Tentu kami ingin hidup dilingkungan yang baik bersih dan sehat, kapan Sambas mau maju dan bermutu kalau lingkungan selalu tercemar dan rusak,” tambahnya.

Pihaknya meminta Pemda Sambas untuk menelusuri penyebab tumpahan CPO di aliran Sungai Sejangkung.

“Pengawasan juga harus semakin diperketat terhadap perusahaan kelapa sawit, karena setiap aktivitas pabrik minyak kelapa sawit ada limbah , IPAL dan sistem pengangkutan,” ungkapnya.

Kemudian pihak perusahaan juga harus disiplin dan meski mengedepankan hak lingkungan hidup.

“Kami minta sekali lagi, agar pemerintah lebih tegas dan segera untuk menuntaskan kasus-kasus pencemaran dan perusakan lingkungan Kabupaten Sambas, kami melihat selama ini kesannya hanya formalitas saja dalam upaya penyelesaiannya,” pungkasnya. (Sai)


Yuk Bagikan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *