Tancap Gas, Komisi 2 DPRD Sambas Sidak Lokasi Tumpahan CPO

Yuk Bagikan!

Komisi 2 DPRD Sambas Periksa Ponton CPO yang tumpah.

Pojokkata.com- Komisi 2 DPRD Sambas lakukan kunjungan lapangan untuk melihat langsung tumpahan CPO yang ditengarai mencemari Sub DAS Sejangkung. Kunjungan lapangan ini dipimpin langsung Ketua dan Sekretaris Komisi 2 Ahmad Hapsak Setiawan dan Erwin Johana, Selasa (20/4/2021).

Tak tanggung-tanggung, tampak dalam kunjungan ini 12 Kepala Desa se- Kecamatan Sejangkung. Kunjungan ini ingin melihat langsung tumpahan CPO yang diduga berasal dari ponton pengangkut CPO dari PT.WDBP.

Komisi 2 melalui Ahmad Hapsak Setiawan mengatakan bahwa harus ada perhatian dari pihak perusahaan terhadap masyarakat sekitar yang terdampak dari pencemaran aliran Sungai Sejangkung,” ucapnya

Dalam waktu dekat komisi 2 akan melakukan hearing lintas komisi dengan menghadirkan pihak perusahaan, Pemkab.Sambas, pemilik ponton dan Pemdes se Kecamatan Sejangkung, “tambah Hapsak.

Ditempat yang sama, Erwin Johana Sekretaris Komisi 2 juga menyampaikan perlu dibuat produk hukum penegakan lingkungan untuk melindungi warga dari dampak lingkungan dari aktifitas perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di Sambas, “tuturnya

Seperti diketahui, warga desa disepanjang aliran sungai Sejangkung sangat bergantung terhadap sumber air dari DAS Sambas Besar ini, baik untuk mandi, mencuci maupun sumber baku air bersih mendukung program Pamsimas, “Hapsak

Bahkan beberapa warga juga menggantungkan mata pencaharian hidupnya pada Sungai Sejangkung, baik untuk mencari ikan maupun penambang motor air, ujar Mujian Kades Semanga mendampingi kunjungan ini’.

Warga berharap ada solusi tuntas dari pihak Pemda terkait seringnya pencemaran sungai yang disebabkan limbah sawit maupun tumpahan CPO terutama dari perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di sekitar wilayah Kec.Sejangkung. (Gus)


Yuk Bagikan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *