Breaking News: Hilal Tak Terlihat, Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1442 H Kamis 13 Mei 2021

Yuk Bagikan!

Pojokkata.com – Kementerian Agama menetapkan 1 syawal atau Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021. Keputusan ini diambil setelah pemerintah menggelar sidang isbat.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan keputusan ini diambil setelah Kemenag menggelar sidang isbat. “Tidak ada yang melihat hilal,” kata Yaqut pada Selasa, 11 Mei 2021. Untuk itu, 1 Syawal atau hari Raya Idul Fitri akan jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021.

Dalam sidang isbat dibuat berdasarkan dua hal, yaitu perhitungan hisab dan metode rukyat berdasarkan laporan petugas yang melakukan pengamatan. Dua metode ini bukan dua metode yang dibenturkan satu sama lain.

Dikatakannya, sidang isbat diawali dengan pemaparan oleh Tim Badan Hisab dan Rukyat Kemenag tentang posisi hilal secara astronomis.

Sidang Isbat awal Syawal dilakukan secara daring dan luring karena pandemi Covid-19 yang masih melanda Tanah Air.

Sidang tersebut juga dihadiri pimpinan ormas islam, MUI, perwakilan DPR, pakar astronomi, Ketua Lapan, perwakilan BMKG, beserta pihak-pihak terkait lainnya.

Kemenag juga telah melakukan rukyatul hilal pada 88 titik di seluruh Indonesia. Sedangkan pemaparan posisi hilal 1 Syawal 1442 H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag Cecep Nurwendaya.

Dengan demikian, penetapan 1 Syawal 1442 Hijriah jatuh pada hari Kamis 13 Mei 2021,” tutup Gus Yaqut. (Gus)


Yuk Bagikan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *