Hari Pertama Lebaran, Talaud Sulut Diguncang Gempa Magnitudo 5,4

Yuk Bagikan!

Ilustrasi Gempa

Pojokkata.com – Gempa bermagnitudo 5,6 mengguncang wilayah Sulawesi Utara, tepatnya 220 kilometer dari timur laut Kecamatan Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 5,6 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi magnitudo 5,4 sebagaiman dikutip kompas.com

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4,20 LU dan 128,67 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 220 km arah Timur Laut Kota Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, pada kedalaman 10 kilometer.

Dikutip dari laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa tersebut terjadi pada pukul 01.20 WIB, Kamis (13/5/2021).

BMKG menyebut, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Hasil monitoring belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado Edward Henry Mengko mengatakan, “Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” kata dia. (*)


Yuk Bagikan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *