Panitia Gerakan Penjokong Moeslimin Palestina: Twibbon 6000 Gulden Warga Pontianak

Yuk Bagikan!

Arsip: Harian Koran Nederlandsche Dagbladpers di Batavia pada 16 Agustus 1948

Oleh: Aan Yulistiwa Akbar

Pojokkata.com- Komite solidaritas Palestina ini dahulunya terbentuk 73 Tahun silam di Kota Pontianak. Ini adalah reaksi dari masyarakat Pontianak setelah David Ben Gurion mendeklarasikan berdirinya Negara Israel di tanah Palestina pada 14 mei 1948, dari aksi tersebut terkumpulah dana sebesar 6.000 Gulden sebagai bantuan dan dukungan bagi saudara-saudara yang ada di Palestina. Sehari berikutnya, pada tanggal 15 Mei 1948 perang Arab-Israel 1 pun pecah.

Sulit membayangkan hari ini, bagaimana masyarakat sebuah daerah yang telah luluh lantak setelah genosida dan teror Dai Nipon (masyarakat Pontianak, red) ternyata memiliki rasa solidaritas amat tinggi terhadap saudara lintas benua dan samudra di bumi Palestina, negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

6.000 Gulden untuk membantu rakyat Palestina yan mengungsi akibat berkecamuknya perang Arab-Israel pertama.

Peristiwa ini disiarkan melalui Koran Harian terbitan Nederlandsche Dagbladpers di Batavia pada 16 Agustus 1948 serta sumber arsip De locomotief Samarangsch handels-en advertentie-blad.
Tidak menutup kemungkinan berita ini tersiar diseantero Indonesia, dan 6000 Gulden for Palestina sebagai twibbonnya.

“Saya membayangkan, jika hal ini tersampaikan di bangku sekolah tidak menutup kemungkinan pula anak-anak SD akan menyuarakan dukungannya kepada saudara-saudaranya yang ada di palestina. Sama halnya banyak video dari anak-anak Palestina yang memanggil dan mengucapkan terimakasih atas bantuan warga Indonesia”.

Semoga Allah selalu mencurahkan rahmatnya kepada saudara, ibu bapak dan anak-anak kita di tanah Palestina.

Editor: Galih Usmawan


Yuk Bagikan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *