Pemerintah Harus Meningkatkan Security Data Base Siber Demi Pertahanan Negara

Yuk Bagikan!

Fiqri, Ketua HMI Badko Kalbar dan Tokoh Pemuda Sambas

Pojokkata.com – Mengutip dari situs web berita Financial Detik diketahui data pribadi 279 juta penduduk Indonesia diklaim telah bocor dan dijual secara online di forum hacker Raid Forums.

Kebocoran data dalam dunia siber seperti ini memang sangat riskan apalagi data tersebut adalah data pemerintah yang menyimpan banyak informasi penting penduduk yang bersifat pribadi.

Di Era Masyarakat Informasi hari ini memang security Data Base harus tinggi dan benar benar bisa menjamin keamanan data yang tersimpan. Satu tantangan besar dalam mempertahankan dan menjaga kerahasiaan, integritas, dan informasi informasi serta Sistem Elektronik yang strategis bahwa selalu ada kemungkinan perang siber (SiberWar) tersebut perang yang terjadi kasat mata, tetapi perang laten. Adanya serangan siber ( cyber attack ) yang tidak dilangsungkan atas nama negara tertentu.

Dilihat dari dampak yang akan terjadi dari kebocoran data di internet ini yaitu nantinya data tersebut bisa disalahgunakan untuk kepentingan meraut banyak keuntungan, apalagi data yang dibobol tersebut meliputi data pribadi yang diduda data BPJS. Dibarengi dengan keadaan sekarang bahwa sudah banyak pinjaman online beredar di Indonesia, takutnya nanti data bpjs yang memuat data pribadi penduduk indonesia tersebut malah digunakan untuk melakukan pinjaman online sehingga merugikan orang banyak. Ini merupakan salah satu keadaan dampak yang akan terjadi jika data tersebut disalahgunakan.

Satu sisi bahwa keamanan siber di pemerintah ini juga merupakan salah satu ancaman pertahanan nasional, pasalnya hati ini bisa saja terjadi perang siber yang memang ditujukan untuk melemahkan suatu negara. Maka dari itu menkominfo untuk hal ini harus dapat membackup sistem keamanan siber negara kita, karena sekarang kita sedang melakukan banyak transisi birokrasi kearah digital dan dengan alasan tersebut sudah tentu sistem keamanan siber juga merupakan ancaman pertahanan nasional yang harua diperkuat.

Penulis : Fiqri Haqil Nur (Ketua HMI Badko Kalbar dan Tokoh Pemuda Sambas)


Yuk Bagikan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *