Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Baru Kantor Kejaksaan Negeri Sambas

Yuk Bagikan!

Bupati Sambas bersama Kepala Kejaksaan Negeri Sambas, Ketua PN Sambas, Ketua DPRD Sambas, Wakapolres Sambas, dan Perwakilan dari Dandim

Pojokkata.com – Peletakan batu pertama dan penandatanganan secara resmi dilakukan oleh Bupati Sambas, H. Atbah Romin Suhaili, Lc, M.H. atas pembangunan gedung baru Kantor Kejaksaan Negeri Sambas, Rabu (09/06/21).

Turut hadir bersama Bupati Sambas, yakni Ketua DPRD Kabupaten Sambas, H. Abu Bakar, S.Pd.I, Wakapolres Sambas, Kompol Raden Riki Pratidingrat, Perwakilan dari Dandim, Ketua Pengadilan Negeri Sambas, Sri Hasnawati, S.H., M.Kn., Kepala Bakeuda Sambas, H. Rachmat Robby, Kepala Kejari Sambas, Ichwan Effendi, S.H. dan jajarannya.

Dalam acara pembukaan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Sambas, Bidang Tata Bangunan memaparkan laporan penjelasan tentang rencana tahap pembangunan Kantor Kejari Sambas.

Peletakan Batu Pertama Secara Simbolis oleh Bupati Sambas

Kepala Kejaksaan Negeri Sambas, Ichwan Effendi, S.H menjelaskan beberapa faktor alasan perlunya pembangunan gedung baru Kantor Kejaksaan Negeri Sambas, mulai dari umur bangunan yang sudah tua, kondisi listrik, serta untuk optimalisasi sarana dan fasilitas pendukung kerja.

“Gedung kami ini dibangun sekitar tahun 1982, sekitar hampir 40 tahun. Umur bangunan yang mencapai 40 tahun dengan gedung induk yang tidak pernah berubah, tentunya ada bagian-bagian bangunan yang sudah keropos dan lumayan memprihatinkan,” ujarnya.

“Kondisi listrik, instalasi nya sudah lama. Meskipun sudah lama diperbaiki, kami masih mengalami kekhawatiran akan resiko-resiko yang akan terjadi. Dan memang keinginan kami agar bisa bekerja dengan nyaman dengan gedung yang memenuhi syarat, sehingga nanti diharapkan bisa meningkatkan kinerja kawan-kawan,” jelasnya lebih lanjut.

Saat di wawancarai, Ichwan juga menyebutkan alasan Kejari Sambas mengambil Tanjak sebagai bentuk atap gedung kantor baru nanti.

“Kami dalam melaksanakan tupoksi berada di Kabupaten Sambas, jadi kami harus menampilkan apa yang menjadi ciri khas Sambas itu sendiri, yang saya kenal paling menonjol dari Sambas adalah tanjak,” pungkasnya.

Ichwan menambahkan bahwa Tanjak bisa menjadi gambaran sumber inspirasi karena dipakai di kepala.

“Tanjak itukan dipakai di kepala dan sumber dari semua inspirasi itu ada di kepala, makanya kami pilih tanjak untuk menjadi lambang di atas kantor Kejaksaan Negeri Sambas,” tambahnya.

Penandatanganan Secara Resmi oleh Bupati Sambas dan Kepala Kejari Sambas

Bupati Sambas, H. Atbah Romin Suhaili, Lc, M.H. menyampaikan harapan terkait Kantor baru Kejari Sambas agar pembangunannya cepat terselesaikan.

“Kami Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas mendukung dan berusaha untuk mempermudah semua proses sehingga dalam waktu singkat gedung ini sudah selesai kita bangun, ini semua adalah bukti dari sinergitas kita, kolaborasi kita di forkopimda khususnya pihak Kejaksaan,” katanya.

Ketua DPRD Kabupaten Sambas, H. Abu Bakar, S.Pd.I yang turut hadir memberikan pernyataan bahwa pihak DPRD siap mendukung dan membantu proses penganggaran pembangunan.

“Pada hari ini kami sangat mengapresiasi langkah yang sudah bisa melaksanakan peletakan batu pertama, Kami dari DPRD Kabupaten Sambas siap mendukung dan siap membantu dalam proses hal penganggaran,” tutur Abu Bakar. (Nly)


Yuk Bagikan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *